Peluang Usaha Mix Drink 20 Rasa

Peluang Usaha Mix Drink 20 Rasa

Jual minuman itu ibaratnya hanya menjual air. Air tersebut tinggal diberi rasa, kemudian dijual. Secara hitungan sederhana, air bisa didapatkan dengan harga yang sangat murah. Oleh karena itu, saya simpulkan bahwa usaha yang mempunyai margin keuntungan yang tinggi salah satunya adalah menjual minuman.

Namun, minuman yang seperti apa? Kita pakai imajinasi untuk membayangkan sebuah produk yang lain daripada yang lain. Tidak lama berselang, kami mengingat adanya softdrink yang dimasukkan dalam kotak yang ada kran untuk menuangkan pada gelas.

Softdrink tersebut ada dalam empat kotak berjajar dengan rasa yang berbeda-beda. Selanjutnya kita dapat menjualnya di mana? Yang terlintas pertama kali adalah kantin sekolah, kantin mahasiswa atau kantin-kantin lainnya.

Nah, inovasi seperti apa yang dapat kita berikan pada ide softdrink ini? Emm, secara umum konsumen akan tertarik pada rasa minuman yang unik. Oleh karena itu, kita perlu inovasi dalam hal rasa minuman. Selain itu, untuk menghindari rasa bosan pada konsumen, kita dapat menggilirkan rasa minuman yang berbeda tiap harinya. Jadi, dalam satu hari jika ada empat kotak, maka ada empat rasa. Dalam satu minggu ada lima hari kerja. Jadi, rasa yang dapat kita siapkan dalam satu minggunya ada 20 rasa. Dari jumlah rasa itulah muncul ide minuman 20 rasa yang saya sebut sebagai Mix Drink 20 Rasa.

Kira-kira rasa apa saja yang dapat kita buat. Rasa yang ada dapat kita bagi per hari. Misalnya hari Senin minuman berbagai sirup, seperti sirup Mangga, Leci Stroberi, dan Cocopandan. Hari Selasa minuman tradisional, seperti wedang Secang, Sekoteng, wedang Uwuh, dan wedang Jahe. Hari Rabu minuman milkshake dengan rasa macam-macam. Hari Kamis minuman biasa seperti es Teh, es Jeruk, es Cappucino, dan es Kopi. Yang terakhir hari Jumat minuman tradisional lagi seperti es Gula Asem, Beras Kencur, Kunir Asem, dan Temulawak. ltu semua baru usulan saja. Untuk macam-macam rasa dapat teman-teman kembangkan sesuai selera.

Lagi-lagi diperlukan sebuah brand (merk) dari sebuah produk. Jika kita menggunakan merk Mix Drink 20 Rasa, masih perlu kita tambah dengan identitas lain. Misalnya kotak yang menarik dan ditempeli stiker dengan warna yang khas dan mencolok. Gelas yang dipakai juga dapat kita beri identitas yang secara implisit menerangkan bahwa itu gelas Mix Drink 20 Rasa. Gelas tersebut dapat kita tempeli stiker yang berupa logo Mix Drink 20 Rasa. Stiker yang dipakai ukurannya yang kecil saja untuk mengurangi biaya.

Teman-teman, ide ini merupakan ide yang cukup sederhana. Namun jangan dianggap enteng. Karena ketika menghitung margin keuntungannya bias dua kali lipat dari usaha warung makan. Keuntungan dari Mix Drink 20 Rasa ini dapat ditingkatkan dengan memperbanyak outlet yang tersedia. Banyaknya outlet juga dapat memberikan persepsi positif pada konsumen untuk membeli, yaitu rasanya sudah teruji.

Terakhir, konsep Mix Drink 20 Rasa ini adalah konsep dasar. Ada banyak hal yang dapat dikembangkan dari konsep ini. Yup, silakan teman-tennan merealisasikan dan mengembangkan ide ini.

Ups, satu lagi. Coba angkat minuman khas di daerah teman-teman. Ya, selain bisnis juga turut melestarikan minuman tradisional di daerah masing-masing. Ok, kan!

COMMENTS